8 Resep Kue Basah Praktis Lumpur Berbagai Bahan

AnakGame.net – Nama yang unik dan citarasa menggoda jadi daya tarik kue lumpur. Tekstur jajanan pasar ini terbilang lembut dan sedikit gurih. Terbuat dari kentang dan campuran bahan lainnya, kue lumpur masuk kategori kue basah. Kue ini tak bisa bertahan lama, karena akan cepat basi. Meskipun demikian, rasanya patut memasukkan kue lumpur sebagai jajanan pasar paling diburu. Lantas, bagaimana cara membuat dan variasi resep yang bisa ditiru?

1. Ubi Ungu

Kalau versi original menggunakan kentang, sekarang kita akan berkreasi dengan ubi ungu. Kue lumpur ubi ungu hanya memerlukan 250 gram ubi ungu, 200 gram gula pasir, 1 kuning telur dan 2 butir telur, 250 gram tepung terigu, 500 ml santan, margarin cair 100 gram, ½ sdt vanili bubuk dan garam, serta kismis. 

Campur dan aduk semua bergantian sampai tidak ada gumpalan. Jika sudah, saring untuk memastikannya adonan benar-benar cair. Setelah itu, tuang ke atas cetakan yang telah dipanaskan hingga matang.

2. Labu Kuning

Selain ubi ungu, labu kuning ternyata bisa diolah menjadi kue lumpur. Pertama-tama, siapkan labu kuning sebanyak 500 gram kukus untuk dihaluskan. Sementara itu, panaskan pula 450 ml santan bersama 2 lembar daun pandan. 

Biarkan sampai dingin sebelum dihaluskan dengan labu kuning. Di wadah terpisah, kocok 4 butir telur, ½ sdt garam, ½ sdt vanili, dan 200 gram gula pasir. Masukkan 250 gram tepung terigu secara perlahan dan bergantian dengan labu kuning. Jika sudah, tambahkan 80 gram margarin cair. Pastikan semua tercampur rata sebelum dituang ke cetakan.

3. Buah Naga

Ingin menambahkan buah pada adonan kue lumpur? Anda bisa mencoba menambahkan buah naga. Bahan yang dibutuhkan untuk kue lumpur naga adalah tepung terigu, gula pasir, kentang, buah naga, santan, daun pandan, garam, vanili, telur, susu bubuk, margarin cair, serta kismis. 

Bersihkan dan kukus atau rebus kentang, biarkan sampai dingin. Rebus pula santan dan daun pandan sampai mendidih. Bila bahan-bahan tadi sudah dingin, blender dengan buah naga. Di wadah berbeda, mixer telur, gula, garam, dan vanili dengan kecepatan sedang. Masukkan bahan-bahan yang telah diblender perlahan dan susu bubuk. Terakhir, tuang pula margarin cair.

4. Nasi

Ada sisa nasi yang tak termakan? Coba olah menjadi kue lumpur. Caranya sangat mudah, yakni siapkan 250 gram nasi, 100 gram gula pasir, 100 gram tepung terigu, 1 sdm tepung tapioka, 200 ml santan matang, 1 butir telur, 2 sdm margarin cair, garam dan vanili secukupnya. Blender semua bahan, kecuali margarin cair. Kalau sudah tercampur rata, tambahkan margarin cair dan aduk kembali. Adonan siap Anda cetak dan masak hingga matang.

5. Pisang Ambon

Pisang ambon bisa pula dijadikan bahan utama kue lumpur. Bahan-bahannya masih mudah didapat, yakni 6 buah pisang ambon yang dihaluskan, 180 gram gula pasir, 300 ml santan, 75 gram margarin cair, 225 gram tepung terigu, 2 butir telur, 2 sdm susu kental manis, vanili bubuk, dan topping sesuai selera. Untuk membuat adonan, campur semua bahan secara perlahan-lahan. Ingat, margarin cair ditambahkan terakhir.

6. Ketan Hitam

Tak ingin kue lumpur yang biasa-biasa saja? Cobalah kreasikan bersama ketan hitam untuk menghasilkan warna yang eksotis. Bahan yang dibutuhkan adalah 200 gram kentang kukus yang dihaluskan, 4 kuning telur, 100 gram tepung ketan hitam, 2 putih telur, 50 gram margarin cair, 125 ml santan cair, 100 gram gula pasir, dan garam secukupnya. Campur dan aduk semua bahan perlahan-lahan, pastikan tidak ada gumpalan. Masak seperti biasa di atas cetakan.

7. Tape Pandan

Suka makan tape? Mengapa tak coba dicampurkan ke dalam kue lumpur? Kreasi kue lumpur tape pandan tak butuh banyak bahan, cukup 500 gram tape, 50 gram susu bubuk, 250 gram tepung terigu, 100 gram margarin cair, 150 gram gula pasir, 3 butir telur, 2 gelas santan, vanili dan pasta pandan secukupnya. Proses pembuatannya tetap sama dengan sebelumnya.

8. Keju

Buat Anda yang membatasi asupan tepung, coba ganti menggunakan tepung keto. Bahan dan cara pembuatannya tetap sama, yakni campur 80 gram tepung keto, 200 ml santan yang dicampur dengan 100 ml air, 65 gram keju parut, 2 butir telur, 1 sdt baking powder, ½ sdt vanili, dan 5 sachet diabetasol sebagai pengganti gula. 

Itu tadi, 8 resep kue lumpur yang bisa Anda coba dan kreasikan sendiri di rumah. Untuk mengisi waktu luang dan dinikmati bersama secangkir teh hangat, tentu akan terasa nikmat. Membuat makanan sendiri tentu jauh lebih higienis dan hemat di kantong.

 

 

 

 

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *